Kamis, 02 Juni 2011

Berenang, Yuk ! part IV Gaya dada

gaya dada atau biasa dikenal dengan nama gaya katak, merupakan teknik berenang yang cukup mudah serta tidak memerlukan banyak tenaga. karena lasan itulah, gaya dada bisa dilatihkan pada anak sebagai teknik yang dipelajari pertama kali. pada tahap ini, diharapkan anak sudah manguasai teknik bernapas serta meluncur yang baik guna membantu anak dalam menguasai teknik gaya dada. berikut tahap demi tahap dalam berlatih gaya dada :
1. Teknik kaki
Cobalah untuk menyuruh anak berbaring telungkup dengan kedua kaki lurus. kemudian pegang telapak kakinya. lalu coba untuk menekuk lutut sampai bagian belakang telapak kaki hampir menyentuh pantat dan telapak kaki ditekuk kearah dalam, kemudian buka ke arah luar kedua telapak kaki sehingga posisi kaki seperti bersiap untuk menendang. tendang lurus ke belakang kaki yang ditekuk, sampai posisi kaki kembali kesemula yakni lurus. lakukanlah kegiatan ini sebagai bagian dari streching.
Sesudah beres melaksanakan kegiatan diatas, ajaklah anak untuk mencoba gerakan tadi dikolam. anak berpegang pada sisi kolam ataupun papan renang dengan pelatih memegang kaki anak dan melaksanakan kegiatan yang tadi dilaksanakan diatas.lakukanlah beberapa kali sampai anak terbiasa dengan gerakan kaki didalam air. kemudian lakukan gerakan tersebut sambil memegang papan renang kombinasikan teknik kaki dengan meluncur serta teknik bernafas.
didalam latihan kaki, kesulitan anak biasanya adalah tidak mampu mengambang. oleh karena itu, anak boleh mennggunakan papan renang kecil dipunggungnya. lakukanlah latihan gerakan kaki sampai anak benar-benar mampu mengambang dan meluncur dengan kakinya.
sesudah anak terlihat menguasai gerakan kaki, cobalah untuk dikombinasikan dengan gerakan sebelumnya. meluncur dengan muka dimasukan kedalam air serta menahan nafas. setelah tubh meluncur pelan mulailah menggerakan kaki satu kali kemudian angkat kepala untuk mengambil nafas. masukan kepala kedalam air, kemudian lakukan lagi gerakan kaki. lakukan langkah-langkah tersebut sampai koordinasi kaki serta pengambilan nafas lancar.

0 komentar:

Posting Komentar