Selasa, 07 Juni 2011

BOLA BASKET: Teknik paling dasar yang harus dikuasai pemula

Pernahkah anda melihat pemain NBA ataupun IBL bermain basket? kalau pernah pasti melihat postur badan tinggi, dribbling cepat, passing serta shooting yang akurat, gerak tipu yang selalu membuat kita berdecak kagum, dunk, block, turn over, dll.
 
Tahukah kalian. bagi pemula, berlatih basket haruslah dimulai dari tahap paling dasar. aseperti yang kita tahu, teknik dasar basket terdiri dari 3 jenis. Passing, Shooting, Dribbling. percaya ataut tidak, setiap pemain pro atau biasa kita kenal sebagai atlet, selalu melatih ketiga teknik dasar tersebut disetiap sesi latihannya, setiap hari.

tapi ada teknik yang lebih dasar lagi, yang bisa dipelajari sebelum ketiga teknik diatas. teknik dasar itu dinamakan body control, moving without ball (Pergerakan Tanpa Bola) serta Ball handling. ketiga dasar inilah yang menjadi pondasi seseorang untuk menjadi seorang pemain basket yang handal.  berikut adala penjelasannya

A. Body Control
body control apabila diterjemahkan artinya penguasaan tubuh, dalam hal ini body control merupakan fundamental bagi setiap orang yang ingin menjadi pemain basket. fungsi dari body control sendiri yaitu agar pemain mampu mengefisienkan setiap gerakan dilapangan tanpa membuang tenaga dengan percuma. dalam latihan body control terdapat 6 dasar gerakan yang harus dipelajari, antara lain:
1. Cara berdiri (Stance)
2. Mulai bergerak (Start)
3. Langkah pergerakan kaki (Step)
4. Berputar (Turn)
5. Berhenti (Stop)
6. Melompat  (Jump)

B. Moving without Ball
Pergerakan tanpa bola merupakan bagian dari latihan body control, disini ditekankan untuk bergerak seefektif mungkin ketika menyerang daerah lawan. berikut merupakan pergerakan-pergerakan dalam moving without ball
1. V-cut
2. Front and Rear Cut
3. Decoy Moves
4. Shoot Moves
5. Assigned Moves

C. Ball Handling
Tujuan dari ball handling adalah supaya pemain pemula terbiasa memegang bola serta memainkannya dalam segala posisi. berikut adalah bentuk-bentuk latihan ball handling :
1. around the Waist (memutar bola mengelilingi pinggul)
2. around the Head (memutar bola mengililingi kepala)
3. around the Leg (memutar bola mengelilingi kaki)
4. Figure Eight (memutar bola diantara dua kaki membentuk angka delapan)
5. Figure Eight with one bounce (sama dengan figure eight hanya caranya dipantulkan)

jadi, kalau memang berniat untuk menjadi pemain basket yang tangguh, berlatihlah dari mulai hal yang paling dasar.

0 komentar:

Posting Komentar