Kamis, 19 Mei 2011

BERENANG, YUK!!

(gambar ilustrasi by google)

Olahraga berenang merupakan kegiatan yang sangat digemari oleh anak-anak umur 3 – 5 tahun, gak percaya? Coba ajak adik, anak, sepupu kalian kekolam, dan reaksi pertama yang timbul adalah….langsung nyebur berenang..…salah!!.. loh koq??
Biasanya hal-hal yang anak-anak lakukan pertama kali ke kolam adalah main-main dikolam yang dangkal. Lari-lari,masuk-masukin badan ke dalam air, main ciprat-cipratan air, he..he..he.kegiatan yang lumrah kan. Nah, bisa gak ya anak umur segitu diajarin teknik berenang?
Jawabannya (menurut penulis), untuk anak umur 3-5 tahun alangkah baiknya untuk diajak mengenal kolam renang dulu (berlaku juga untuk semua orang yang ingin berlatih renang). Biarkan anak untuk bermain sepuasnya dikolam,untuk menumbuhkan keberanian serta rasa percaya diri anak bahwa dia senang berada di kolam. Arahkan anak untuk belajar memasukan kepalanya kedalam air sambil menahan nafas. Cobalah untuk membuang nafas didalam air dengan cara meniup secara perlahan-lahan, itulah point penting pengenalan kolam bagi anak.
Anak harus merasa nyaman ketika dia menahan serta membuang nafas dalam air, pengalaman penulis ketika melatih anak yang sudah bisa menahan serta meniup (membuang) nafas lebih cepat bisa untuk diajarkan teknik berenang ketimbang yang belum bisa.
Disamping itu, jangan dulu menstop anak untuk berenang, ketika pertama kali dia berenang terus langsung sakit. Kecuali untuk kondisi anak tertentu, setiap anak pasti membutuhkan adaptasi terhadap suhu dikolam, semakin dia sering berenang semakin tubuhnya terbiasa dengan kondisi kolam, dan tubuh anak akan terbiasa,, Jadi, berenang yuk!!!!

2 komentar:

misbah prestatif mengatakan...

Salam
Mau dong! sepertinya di cuaca panas begini enaknya berenang. Tapi kapan yah bisa sempat berenang di sela-sela kesibukan kantor?

sportcorner mengatakan...

memang sulit kalo rutinitas kita dihabiskan untuk bekerja,,mungkin bisa mengadakan kegiatan berenang bersama-sama dengan teman kantor..sebulan sekali misal..

Posting Komentar