Sabtu, 21 Mei 2011

BERENANG, YUK !! Part II Teknik Pernapasan


BERENANG, YUK !! Part II
Teknik Pernapasan
          Sudahkah anda membaca artikel berenang, yuk ? kalau sudah, penulis ucapkan terima kasih atas atensi anda, sekarang penulis akan melanjutkan ke tahap paling dasar yakni Teknik Pernapasan. Pada artikel sebelumnya, penulis menjelaskan pentingnya menguasai teknik pernapasan. Apa gunanya berenang kalo ga bisa napas?he.he
1. Memasukan muka ke dalam air
sumber gambar by google
          Setiap anak mempunyai sugesti tersendiri ketika berada dikolam, ada yang memang sudah berani nyebur, ada yang cuma memasukan kaki serta tangannya, atau malah ada yang cuma diam saja dipinggir kolam. Untuk tipe yang hanya berani memasukan kaki dan tangan ataupun yang diam saja, ajaklah berenang dikolam dangkal. Yakinkan kalau berenang itu menyenangkan, arahkan sekali-kali untuk memasukan kepala kedalam air. Bisa dengan cara permainan terowongan air, atau permainan buaya & ikan, dll. Apapun permainannya, yang penting anak merasa nyaman dan senang.
sumber gambar by google
2. Memasukan kepala ke dalam air serta menahan nafas
          Pada tahap ini, pastikan anak sudah berani untuk memasukan mukanya ke dalam air untuk lebih memudahkan anak dalam belajar ditahap ini. Kalau belum bisa, maka ulangi lagi tahap pertama. Di tahap ini, ajak anak untuk memasukan kepalanya kedalam air serta membuka mata, usahakan anak memakai kacamata renang supaya bisa melihat jelas kedalam air. Apabila anak tidak mau, cobalah menggunakan permainan, misalkan permainan mengambil koin didalam air, biasanya anak lebih termotivasi belajar apabila dilakukan seperti bermain biasanya. Jelaskan kepada anak, ketika memasukan kepala kedalam air, ambilah nafas terlebih dahulu ketika kepala masih diatas air kemudian tahan nafas ketika masuk kedalam air.
3. Menahan  serta membuang nafas didalam air.
          Untuk tahap ini, anak haruslah benar-benar berani memasukan kepalanya kedalam air. Karena di tahap ini anak akan belajar menahan nafas selama mungkin serta membuangnya didalam air. Ajaklah anak untuk masuk dan berdiri dipinggir kolam, peganglah sisi kolam/besi. Kemudian cobalah memasukan kepala kedalam air sambil menahan nafas, kemudian buanglah nafas didalam air dengan cara meniupnya, ingat harus ditiup. Karena kalau mulut dibuka terlalu lebar, besar kemungkinan air akan masuk.
          Cobalah untuk melakukan berulang kali, penulis biasanya mencoba sampi 10 kali. Sesuaikan dengan kemampuan anak. Atau bisa dibuat permainan, misalkan membuat gelembung sebanyak mungkin ketika memasukan kepala kedalam air.
          Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar